Sabtu, 23 Agustus 2014

TEATER BHAVAI, GUJARAT INDIA


Bhavai diyakini berasal dari abad ke-14 . Veshas atau Bhavai memainkan juga dikenal sebagai swang . Dalam salah satu puisi panjang Asaita , salah satu penulis vesha paling terkenal , tanggal komposisi sebagai AD 1360 . Asait menulis sekitar 360 drama , dari mana sekitar 60 selamat. Beberapa veshas ini menanggung nama-Nya . Kinerja Bhavai tampak jelas telah berevolusi dari bentuk-bentuk awal dari hiburan rakyat . Kata Bhavai dalam arti pertunjukan atau tontonan terjadi dalam ayat agama abad ke-13 Apabhramsa Jain . Ia mengatakan : " Dalam saluran pohon - kurang bahkan sekelompok Eranda ( pabrik minyak kastor ) membuat acara yang baik ( Bhavai ) . " Abul Fazal di Ain - e - Akbari juga menyebutkan Bhavai sambil menyebutkan beberapa komunitas .

The Bhavai pemain milik kasta yang kemudian dikenal sebagai tragala .
Ikhtisar

Bhavai sebagian hiburan dan sebagian korban ritual dilakukan untuk Dewi Amba . Di halaman kuil Ambaji dekat Mount Abu festival Navratri dirayakan dengan pertunjukan Bhavai . Amba adalah dewa ketua Bhavai .

Kritik sosial halus dicampur dengan humor tajam adalah khusus dari Bhavai . Perilaku sombong dan incongrous orang kasta tinggi mengejek di Bhavai . Mungkin kemarahan atas ketidakadilan yang diderita oleh penggagas Bhavai , Asaita Thakar , meresap seni Bhavai . Beberapa Bhavai memainkan hadiah review tajam dari struktur sosial kasta - ditunggangi . Orang-orang milik berbagai tingkat strata sosial mulai dari raja untuk penjahat digambarkan dalam Bhavai .
memainkan Bhavai

Bhavai Veshas menggambarkan orang-orang dari semua kelas masyarakat . Para tukang cukur dan pisau - penajam , perampok , penjual bangle dan pencuri sosial dan ekonomi , banjaras , ODAS , darjis , fakir dan sadhus . Ada Vesha menggambarkan kisah affair cinta yang gagal dari seorang wanita Bania dan Thanedar Muslim . Pada akhir permainan Jasma Odan , fakir Muslim muncul kepada siapa meminta orang untuk menghidupkan kembali Jasma .

Humor memainkan peran penting dalam kinerja Bhavai dan datang ke dalam bermain bahkan ketika berhadapan dengan tokoh mitologis . Dominasi ini membuat Bhavai unik di antara seni tradisional India .

Kepala rombongan Bhavai disebut Nayak . Dia pertama kali menandai arena pertunjukan, kemudian menawarkan kumkum untuk minyak - obor yang merupakan simbol dari dewi Amba dan menyanyikan lagu-lagu doa pujian nya . Kemudian masuk seorang aktor menutupi wajahnya dengan piring , dia adalah Tuhan Ganesha , remover dari hambatan . Dewi Kali adalah berikutnya untuk masuk dan setelah dia berangkat datang Brahmana . The Vesha sebenarnya dimulai hanya setelah ini penampilan awal .

The Nayak dan badut yang selalu tetap di atas panggung dan mengarahkan jalannya laga dengan komentar dan intervensi mereka . Cerita terungkap melalui lagu-lagu , dialog dan pidato dalam prosa serta ayat . Ada banyak menari dan bernyanyi di Bhavai . Karakter wanita yang diperankan oleh laki-laki .

Bahasa Bhavai adalah campuran dari Hindi , Urdu , dan Marwari . Veshas diterbitkan untuk pertama kalinya pada abad kesembilan belas dan pertunjukan terkait dengan pendahulu mereka melalui praktek dan tradisi lisan .

Bhungal adalah empat kaki pipa tembaga panjang yang memberikan catatan yang kuat dan unik untuk Bhavai . The bhungals yang dimainkan selama urutan tari dan sebaliknya untuk menunjukkan karakter penting . Alat musik lain yang pertunjukan Bhavai termasuk pakhawaj ( drum ) , jhanjha ( simbal ) , yang sarangi ( instrumen musik gesek ) , dan harmonium . Gaya musik selalu Hindustan diselingi dengan lagu-lagu lokal .

Bhavai juga lazim di Rajasthan sebagai tarian rakyat yang spektakuler . Bentuk Tari terdiri dari terselubung penari perempuan menyeimbangkan sampai tujuh atau sembilan pitcher kuningan karena mereka menari dengan gesit , berputar-putar dan kemudian bergoyang dengan telapak kaki mereka bertengger di atas kaca atau di tepi pedang . Ada rasa pemotongan tepi ketegangan dan menggigit kuku tindakan dalam tarian . Singkatnya Bhavai adalah cerminan dari masyarakat kita sendiri . Jasma Odan berdasarkan Gujarati cerita rakyat , ditulis dan disutradarai oleh Shanta Gandhi dan Mena Gujari diproduksi oleh Deena Gandhi adalah beberapa yang paling musikal Bhavai populer . [ 1 ]


Budaya dan tradisi keduanya hidup dan yang selamanya bereksperimen di Negara Bagian Gujarat . Dengan paduan warna-warna cerah dari tahun kemarin dengan modernitas , masih berakar mendalam menyebabkan kebangkitan masa lalu tradisional .
The Stage di Gujarat bersemangat dengan sendiri tradisional ' Bhavai ' - bentuk yang unik panggung seni, dilakukan dengan ' Bhava ' , yang berarti ekspresi mengungkapkan emosi . Ini arti sebenarnya terdiri dari dua kata - Bhava dan Aai . Bhava berarti alam semesta dan aai ibu , bersama-sama itu berarti ibu dari alam semesta , Amba . Secara eksklusif dilakukan oleh anggota laki-laki dalam berbagai kostum dan bentuk karakter . Sebuah instrumen kuningan angin panjang yang disebut ' Bhungal ' dimainkan selama kinerja untuk memanggil melakukan karakter ke TKP . Drum , simbal dan Sarangi instrumen lain memanfaatkan . Bhavai sebagian besar diadakan di ruang terbuka . Wanita penonton hanya untuk kinerja ' Bhavai ' seperti bermain tarian rakyat secara ketat dilakukan oleh laki-laki dalam peran perempuan juga.
Secara tradisional , tema yang paling populer ' Ramleela ' dilakukan sebelumnya di tempat di Gujarat berdasarkan Ramayana dan Mahabharata yang pada tema mitologi atau sejarah yang sudah ada yang akrab bagi penonton dari zaman dulu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar